Tips memelihara wc dan toilet di rumah anda agar tidak mudah mampet dan tersumbat

Gambar toilet

Image Credit : Creator: Serhii Krot – Credit: Shutterstock

Apakah anda pernah mengalami wc atau toilet anda tersumbat ? Kotoran mengambang, air tidak lekas turun dan tersedot, sungguh menjengkelkan bukan, terlebih lagi anda harus memanggil dan mengeluarkan uang untuk membayar jasa tukang sedot WC.

Nah agar anda tak lagi mengalami wc di rumah anda macet, berikut ini saya akan menjelaskan cara untuk mencegah dan memelihara wc anda dari masalah mampet dan tersumbat. cara ini harus dilakukan secara rutin dan berkelanjutan yach, dikarenakan cara ini bukanlah cara yanng instan, apalagi membutuhkan zat racun atau zat kimia tertentu. Cara ini hanya membutuhkan air saja loh ? kok bisa yach. 🙂

Oke deh berikut cara memelihara wc dan toilet agar tidak mudah mampet.

  1. Tuangkan air kedalam ember berukuran sedang atau kisaran minimal 20 liter atau lebih (sesuaikan kebutuhan)
  2. Air yang ada didalam ember tersebut lalu dituangkan kedalam lubang wc atau toilet kita, tuangkan dengan hati-hati agar tidak luber.
  3. Ulangi proses ini 1 kali hingga 3 kali atau sesuai dengan kebutuhan
  4. Lakukan langkah 1 – 3 diatas, minimal 1 bulan sekali.

Cara yang disebutkan dan dijelaskan diatas adalah cara yang sebenarnya sederhana sekali. namun seringkali orang-orang tidak memikirkanya, prinsip kerja diatas sebenarnya hanya mendorong kotoran yang masih tersisa dan mengendap di dalam pipa pembuangan kotoran pada wc menuju septik tank. sering kali kita tidak memikirkan bahwasanya panjang pipa pembuangan kotoran wc ke septik tank itu lebih dari 5 meter bahkan ada yang lebih dari 10 meteran. Secara logika tidak akan memungkinkan air yang hanya seukuran volume gayung (kisaran 1 liter) sanggup mendorong kotoran dari lubang toliet sampai jatuh ke lubang penampungan tinja atau septik tank. Belum lagi kotoran yang mengendap di jalur pipa pembungan menumpuk dan sudah mengering, ini lah yang menyebabkan pipa menjadi macet dan tersumbat secara alamiah.

Dengan menuangkan air dengan volume yang banyak dan cukup maka akan sanggup mendorong kotoran tinja yang terdampar didalam pipa pembuangan menuju ke septik tank, dan al hasil wc tidak lagi mudah macet dan mampet.

Semoga tips sederhana ini bisa bermanfaat buat sobat sekalian, dan tentunya jika rutin dilakukan akan menghemat uang anda untuk membayar jasa tukang sedot wc. 🙂

Terima Kasih.

Kata Kunci Terkait:

cara mengatasi wc jongkok mampet, cara mengatasi wc jongkok mampet dengan cepat, cara mengatasi wc mampet tanpa bongkar